Petani Mengeluh, Harga Sawit Terus Menurun


MedanBisnis - Jambi. Sejumlah petani sawit di Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi mengeluhkan harga kelapa sawit yang terus mengalami penurunan sejak beberapa bulan terakhir.
"Kami berharap harga kelapa sawit bisa membaik lagi, sebab sudah beberapa bulan lalu harganya terus anjlok," kata seorang petani Sarolangun, Kahono, yang dihubungi dari Jambi, Kamis (30/7).

Yadi, petani lainnya juga menyatakan saat ini harga tandan buah segara (TBS) kelapa sawit yang dijual petani ke pengumpul berkisar Rp700 hingga Rp900 per kilogram. "Kalau harganya bertahan seperti saat ini atau turun terus maka kami rugi sebab tidak sebanding lagi dengan pengeluaran untuk operasional," katanya.

Sementara tim perumus dalam rapat yang dihadiri pihak pengusaha sawit, koperasi maupun kelompok tani sawit di Jambi memperhitungkan harga TBS untuk periode 31 Juli-6 Agustus 2015 senilai Rp1.163,52 per kilogram, umur tiga tahun.

Sementara harga minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Provinsi Jambi untuk periode tersebut sebesar Rp6.643,77 per kilogram.

Pejabat pada Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Taruna Adi, menjelaskan harga rata-rata inti sawit pada periode 31 Juli-6 Agustus 2015 itu diperkirakan sebesar Rp4.118,67 per kilogram.

Tim analisa harga juga memperkirakan periode tersebut harga TBS berumur empat tahun senilai Rp1.236,13 per kilogram. TBS usia lima tahun Rp1.347,90 per kilogram.

Sementara harga tertinggi TBS yakni Rp1.482,12 per kilogram yang merupakan kelapa sawit berusia 10-20 tahun. "Kita berharap harga TBS itu bisa meningkat di masa mendatang," kata Taruna Andi. (ant)

sumber : http://www.medanbisnisdaily.com

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *