Dampak El Nino: 10.000 Hektare Lahan Perkebunan Terancam Sulit Air

Bisnis.com, BANDUNG--Dinas Perkebunan Jabar sudah mendata potensi kekeringan yang akan melanda kawasan perkebunan di Jabar.

Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat Arief Santosa mengatakan perhitungan pihaknya daerah di Jabar Selatan seperti Garut, Ciamis, Cianjur, Sukabumi yang terancam sekitar 10.000 hektare.

Namun kekeringan lahan perkebunan berbeda dengan kekeringan lahan pertanian karena kekeringan perkebunan berada di dataran tinggi sehingga sangat bergantung pada sumber mata air.
"Lahan kebun sudah terkena kekeringan lahan yang ditanami oleh tanaman teh dan kopi," katanya di Bandung, Minggu (2/8/2015).

Pihaknya memperkirakan musim kemarau saat ini produksi teh dan kopi Jabar akan menurun antara 10-15% per hektare-nya.
"Kalau normal itu produksi teh bisa 1,5 ton per hektare turun menjadi 1,2 ton  per hektare. Jadi ada penurunan produktivitas," ujarnya.

Sementara penurunan  untuk kopi menurutnya dari produksi sekitar 32.000 ton per tahun turun sekitar 3.000 ton. "Jadi perkebunan kopi milik rakyat sekitar 52.000 hektare, yang terkena di daerah Selatan Jabar hampir separuhnya  potensi terkena kekeringan," katanya

sumber : http://bandung.bisnis.com

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *