Harga Kelapa Sawit di Bengkulu Anjlok, Petani Stres

Antara - 02 Agustus 2015 11:13 WIB
ilustrasi Kelapa Sawit, Antara/Wahyu Putro A
ilustrasi Kelapa Sawit, Antara/Wahyu Putro A

"Sudah dua kali turun dalam sebulan ini, sekarang hanya Rp650 per kg," kata Andri, petani sawit di Bengkulu, Minggu (2/8/2015).

Ia mengatakan sebelum hari raya Idul Fitri atau pertengahan Juli 2015, harga tandan buah segar sawit yang dijual di tingkat petani mencapai Rp1.100 per kg. Pasca lebaran, harga mulai merosot menjadi Rp900 per kg, lalu turun Rp800 per kg dan saat ini menjadi Rp650 per kg.

"Harga terus turun, membuat petani stres," katanya.

Selain harga sawit, harga karet di tingkat petani juga mengalami penurunan dari sebelumnya sudah mencapai Rp7.000 kg menjadi Rp5.000 per kg.

Ia mengatakan harga sawit dan karet yang mengalami penurunan membuat perekonomian petani semakin terpuruk.

Bahkan petani karet di daerah ini sudah terlebih dahulu mengeluhkan harga karet yang bertahan rendah selama dua tahun terakhir.

Sebelumnya pertengahan Juli 2015 pemerintah Provinsi Bengkulu menetapkan harga terendah tandan buah segar sawit seharga Rp1.265 per kg di tingkat pabrik atau lebih rendah dari harga yang disepakati perusahaan perkebunan sawit Rp1.331 per kg.

"Hanya ditolerir minus lima persen dari harga terendah yang ditetapkan organisasi perusahan perkebunan sawit," kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu Ricky Gunarwan.

 
SAW 
 
sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *